
SOLO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan kemudahan dan nilai manfaat lebih kepada para pengguna jasanya. Setelah menghadirkan fitur Female Seat Map pada aplikasi Access by KAI, kali ini KAI kembali menghadirkan layanan baru yang diharapkan dapat membantu pelanggan untuk kian praktis dan efisien dalam bepergian dengan KA.
Untuk memberikan pengalaman pembelian tiket yang lebih praktis dan menguntungkan, KAI menghadirkan inovasi terbaru berupa fitur Flexy Poin di aplikasi Access by KAI versi terbaru. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk memanfaatkan Railpoin yang dimiliki secara fleksibel dengan cara menggabungkannya bersama metode pembayaran lainnya saat memesan tiket kereta api.
"Kehadiran fitur
Flexy Poin menjadi bentuk komitmen KAI untuk selalu memberikan kemudahan dan
keuntungan lebih bagi pelanggan setia KA. Melalui fitur ini, pelanggan dapat
memanfaatkan Railpoin dengan lebih fleksibel untuk membantu mendapatkan tiket
kereta api dengan harga yang lebih bersahabat," ujar Manager Humas KAI
Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Senin (5/5/2025).
Feni menjelaskan,
sepanjang Januari hingga April 2025 aplikasi Access by KAI mencatat sebanyak
9.011.145 transaksi. Mengalami peningkatan sebesar 12% dibandingkan periode
yang sama pasa tahun lalu yakni dengan 8.065.449 transaksi.
“Sementara itu, untuk
tiket yang sudah terjual melalui Access by KAI sebanyak 13.408.384 pada periode
Januari – April 2025, jumlah tersebut meningkat 14% dari tahun 2024 yang mencatatkan
penjualan 11.810.950 tiket pada periode yang sama,” jelasnya.
Untuk saat ini, fitur
Flexy Poin baru tersedia pada aplikasi Access by KAI versi 6.12 (terbaru) dan
hanya dapat diakses melalui platform Android. Bagi para pengguna Android, KAI
mengimbau untuk segera memperbarui aplikasi Access by KAI mereka ke versi
terbaru untuk menikmati kemudahan fitur ini.
"Sedangkan untuk para
pengguna iOS/Apple, saat ini tim KAI sedang melakukan progres untuk pembaruan
aplikasi Access by KAI di platform iOS agar fitur Flexy Poin dapat segera
digunakan oleh seluruh pelanggan," tambahnya.
Berikut syarat dan
ketentuan untuk dapat menukarkan Railpoin dengan tiket melalui fitur Flexy
Poin:
- Menu pembayaran Railpoin akan muncul jika Railpoin yang dimiliki pelanggan minimal 200 Railpoin.
- Dalam pemesanan lebih
dari satu tiket dengan kode booking yang sama, Railpoin akan otomatis digunakan
untuk membayar tiket pertama terlebih dahulu. Jika Railpoin masih mencukupi,
akan digunakan untuk tiket kedua, dan seterusnya. Jika Railpoin tidak
mencukupi, sisa pembayaran tiket akan menggunakan metode Flexy Poin dan metode
pembayaran lainnya.
- Railpoin tidak dapat
digunakan untuk pembelian tiket dengan tarif reduksi, tiket KA Perkotaan/Lokal
Komersial, tiket KA PSO antar kota dan perkotaan, tiket KA Perintis, tiket
dengan tarif promo atau potongan harga, serta tiket KA kelas layanan
Compartment, Luxury, Imperial, Panoramic, Priority, dan/atau KA branding
lainnya.
- Pembatalan tiket yang
dibeli dengan Railpoin (Full Poin atau Flexy Poin) akan menyebabkan Railpoin
yang digunakan hangus. Pengembalian bea hanya berlaku untuk skema Flexy Poin,
yaitu sebesar 75% dari nominal tiket yang dibayarkan di luar Railpoin.
- Perubahan jadwal tiket
yang dibeli dengan Railpoin pada skema Full Poin tidak dapat dilakukan.
- Perubahan jadwal tiket
yang dibeli dengan Railpoin pada skema Flexy Poin dapat dilakukan dengan
ketentuan Railpoin yang digunakan akan hangus, dikenakan potongan 25% dari
nominal tiket yang dibayarkan di luar Railpoin, serta pelanggan wajib membayar
selisih bea jika terdapat perbedaan harga dengan jadwal baru. Jika tarif lama
lebih tinggi dari tarif baru, selisih bea tidak akan dikembalikan.
Kehadiran fitur Flexy Poin
ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para pelanggan untuk menikmati
perjalanan kereta api dengan metode pembayaran yang lebih fleksibel dan hemat.
Pelanggan kini dapat memanfaatkan Railpoin yang dimiliki meskipun jumlahnya
tidak mencukupi untuk membayar seluruh harga tiket.
Bagi pelanggan yang belum
memiliki Railpoin, berikut adalah syarat dan ketentuan untuk mendapatkannya:
- Akun Access pelanggan harus sudah terdaftar sebagai Member Basic atau Member Premium.
- Railpoin didapatkan dari
pembelian tiket KA Komersial Jarak Jauh antar kota melalui channel pembelian
tiket resmi KAI.
- Setiap kelipatan
transaksi sebesar Rp50.000 (pembulatan ke bawah) akan mendapatkan 10 Railpoin.
- Railpoin akan diperoleh
maksimal 1x24 jam setelah penumpang menyelesaikan perjalanan dan memiliki masa
berlaku 365 hari sejak tanggal perolehan.
- Pembelian tiket dengan
tarif promo, reduksi, dan menggunakan Railpoin tidak akan mendapatkan Railpoin.
Aplikasi Access by KAI
pertama kali diluncurkan pada Tahun 2014 dengan nama KAI Access, kemudian sejak
7 Juli 2023 namanya diubah menjadi Access by KAI. Selama 11 tahun, aplikasi
Access by KAI sudah diunduh sebanyak 29.367.827 kali, sedangkan yang sudah melakukan
register sebanyak 23.182.739 pengguna.
"KAI mengimbau para
pelanggan tidak lewatkan kesempatan untuk segera menukarkan Railpoin yang
dimiliki dengan tiket kereta api melalui fitur Flexy Poin di aplikasi Access by
KAI. Semakin sering bepergian dengan kereta api, semakin banyak Railpoin yang
dikumpulkan, dan perjalanan pun akan semakin hemat," tutup Feni.
0 Komentar