SOLO - Tim
Program Pengabdian Masyarakat Persyarikatan/AUM/Desa Binaan (P2AD) Universitas
Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar pelatihan membuat majalah
sekolah digital. Kegiatan dilakukan di Gedung Utara SMK Muhammadiyah Kartasura,
Jumat (9/5/2025) kemarin.
Hadir pada kegiatan
tersebut kepala sekolah Moh Prasetyo, S.T, M.Pd., Guru Bahasa Indonesia Sadiyah
Nuraini, S.Pd., M.Pd., dan tim pengabdian masyarakat dari UMS.
Dalam kegiatan ini, tim
UMS melaksanakan tindak lanjut dari program penulisan majalah sekolah yang
telah dilakukan pada tahap sebelumnya, dengan tujuan memperkuat kemampuan
menulis siswa, meningkatkan kualitas konten majalah, serta memastikan
keberlanjutan program literasi sekolah secara lebih terstruktur dan terarah.
Ketua Pengabdian Dr. Main
Sufanti, M.Hum mengatakan bahwa karya anak-anak ini akan menjadi karya yang
megah dan bisa diabadikan di website sekolah. “Jadi ketika kalian sudah lulus
karya kalian akan tetap melegenda,” ujar Main Sufanti, Sabtu (10/5/2025).
Melalui pelatihan majalah
sekolah, kemampuan menulis siswa meningkat signifikan, seiring dengan
berkembangnya kreativitas dan literasi mereka. Kegiatan ini dirancang untuk
memberi ruang ekspresi yang sesuai dengan minat masing-masing siswa, sehingga
mereka lebih termotivasi dan terlibat secara aktif dalam proses penulisan.
“Dengan demikian,
pelatihan ini tidak hanya memperkuat keterampilan teknis dalam menulis, tetapi
juga menumbuhkan rasa percaya diri, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap
isu-isu di lingkungan sekitar yang dapat dituangkan melalui karya jurnalistik
sekolah,” tegasnya.
Siswa sangat antusias
dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini. Salah satu siswa atas nama Qwido Aziz
mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan mampu mengembangkan bakat
mereka dalam keterampilan menulis.
“Jadi kita bisa berpikir
lebih kreatif melalui penulisan majalah sekolah digital ini. Selain itu, ilmu
yang sudah kita miliki bisa
dipublikasikan melalui majalah sekolah yang nanti dibaca oleh orang banyak,”
ungkapnya dengan sangat antusias.
Guru pendamping dari SMK
Muhammadiyah Kartasura Sadiyah Nuraini, S.Pd., M.Pd., sangat berharap kegiatan
ini dapat berlanjut karena manfaatnya sangat sekali tidak hanya untuk siswa
saja tapi bagi sekolah dan masyarakat luas juga.
“Dengan adanya kegiatan
ini siswa menjadi lebih kreatif, menumbuhkan motivasi, dan siswa sangat
antusias mengikuti kegiatan terbukti mereka selalu menanyakan kegiatan tersebut
akan berlanjut lagi,” tambahnya.
Kegiatan pengabdian
penulisan majalah sekolah ini memberikan dampak positif yang nyata dalam
meningkatkan kemampuan literasi, kreativitas, dan keterampilan menulis siswa.
Melalui pendekatan yang menyesuaikan dengan minat dan potensi masing-masing
siswa, program ini berhasil menciptakan ruang ekspresi yang mendorong
partisipasi aktif serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyampaikan ide
dan gagasan secara tertulis.
Diharapkan, kegiatan ini
dapat menjadi awal dari budaya literasi yang berkelanjutan di lingkungan
sekolah, serta menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk
mengembangkan program serupa dalam rangka mencetak generasi yang kritis,
kreatif, dan melek media.
0 Komentar