Foto bersama peserta Konferensi MAG Scholar Conference In Business Marketing and Tourism. Foto: Ist.
SOLO - Dalam rangka internasionalisasi kampus, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperluas jaringan kerja sama internasional bersama Marketing Asia Group (MAG).
UMS menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan MAG Scholar Conference in Business Marketing and Tourism, yang dilaksanakan secara hybrid di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan, 22-24 November 2025.
MAG merupakan sebuah platform pemasaran yang terdiri dari akademisi dan praktisi bisnis secara global. Berdiri sejak 2007, MAG Scholar memberi peluang bagi para peminat bisnis untuk mengembangkan pengetahuan yang berfokus pada pengaruh budaya dalam praktik pemasaran di suatu wilayah tertentu.
Wakil Rektor V UMS, Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan bahwa merupakan sebuah kehormatan bagi UMS karena telah dipercaya oleh MAG sebagai mitra dalam penyelenggaraan konferensi internasional ini.
“Karena menghubungi saya pada hari Rabu dan konferensi ini akan berlangsung pada hari Sabtu. Waktu yang sangat singkat dan saya sangat senang dan bersyukur menjadi mitra MAG Scholar,” tuturnya Minggu, (23/11/2025).
Supriyono, menegaskan alasan utama menerima ajakan berkolaborasi ialah strategi positioning UMS dalam ranah global dan menjadi kampus dengan kemampuan akademik terstandarisasi internasional.
“Alasan UMS menetapkan mitra ini, karena ini adalah bagian dari program internasionalisasi kami. Kami ingin menjadi lebih dikenal secara global,” tegasnya.
Hal ini sejalan dengan program visibilitas institusi dalam penguatan kolaborasi internasional. Sebagai perguruan tinggi dibawah naungan Muhammadiyah, UMS bertanggung jawab menjadi garda terdepan sebagai pusat pendidikan Islam dan pengembangan IPTEKS dalam menciptakan akademisi yang berkualitas.
“Dalam hal akreditasi, saya pikir lebih dari 80% departemen kami telah terakreditasi dengan tingkat unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Itulah yang saya maksudkan bahwa UMS adalah universitas terbesar di bawah Muhammadiyah,” tambah Supriyono.
Sejalan dengan program internasionalisasi, konferensi yang dihadiri oleh civitas akademik dari negara-negara asia ini, Supriyono menjelaskan mengenai keunggulan UMS sebagai institusi pendidikan. Sejak tahun 2009, UMS telah menerima mahasiswa internasional, saat ini UMS menjadi rumah bagi 200 mahasiswa internasional dari berbagai negara di dunia.
Emeritus Professor Kim-Shyan Fam, sebagai presiden MAG Scholar menjelaskan bahwa platform yang telah berdiri hampir 20 tahun ini bermula ketika ia mengikuti sebuah konferensi dan menjadi pembicara biasa. “Mengapa saya tidak menciptakan kategori baru dan membentuk kelompok pemasaran dan kepemimpinan sendiri,” ungkap Professor itu mengenai filosofi pembentukan MAG Scholar.
Ia mengajak individu untuk dapat membuat peluang baru dalam dunia bisnis. Sejak konferensi pertama pada tahun 2011, MAG Scholar berkomitmen dalam mendukung penelitian yang mengembangkan teori dan memberikan wawasan mengenai manajemen pemasaran.
“Jadi, untuk manfaat Anda, MAG Scholar didirikan untuk menyediakan platform bagi Anda semua untuk berbagi minat bisnis dan berjejaring dengan rekan-rekan di bidang Anda,” tuturnya.
Direktur Direktorat Reputasi, Kemitraan, dan Urusan Internasional UMS Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D., menuturkan keberhasilan menjadi tuan rumah konferensi internasional diharapkan dapat menjadi langkah awal kolaborasi riset antara akademisi UMS dan komunitas internasional.
“Kolaborasi ini dilandasi dengan semangat untuk bekerjasama dalam kebaikan dan berkelanjutan. Para pakar marketing dan bisnis anggota MAG maupun para peserta konferensi dapat menjalin jejaring dengan para dosen dan peneliti di UMS,” ujarnya.
Kedepannya, ia berharap melalui konferensi ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan wawasan global mahasiswa, serta melakukan kelanjutan kerjasama di bidang akademik, riset dan peningkatan reputasi.
“Harapan ke depan kita bisa segera signing MoU kemudian segera implementasi kerjasama, diantaranya visiting lecture in bound maupun outbound, kerjasama riset dan bersama meningkatkan reputasi UMS maupun MAG,” harapnya.

0 Komentar